CARI SESUATU ?

Rabu, 01 Februari 2017

PENAMPIL POSISI JOYSTIK PADA DOT MATRIX

PENAMPIL POSISI JOYSTIK PADA DOT MATRIX
Lucky Orion Wigaringtyas1, Prisca Erbianti2, Samuel Beta3
Prodi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275


Intisari - Penampil posisi joystik pada dot matriksmerupakan alat untuk menentukan posisi sesuai perintah. Pada pembuatan alat ini menggunakan komponen-komponen yang telah dibagi dalam tiga bagian utama, yaitu masukan, proses dan luaran. Komponen masukannya yaitu: joystik.Fungsi tiap komponen masukan yaitu: menentukan posisi sesuai yang diinginkan.Kemudian pada bagian proses atau pengolahan data yang digunakan Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN tipe ini memiliki cortex M0 12 MHz, 8KB RAM,  64KB memori program (APROM), 4KB memori data (data flash), 45 pin I/O (GPIO), 8 channel ADC 12 bit, 3 serial UART dengan 1 USB & 1 RS485, 3.3V & 5V compatible, programmable via USB. Ini cukup untuk digunakan dalam mengontrol komponen yang banyak dalam model alat ini. Pada bagian luaran yaitu dot matrix digunakan sebagai penampil informasi status posisi yang dicapai.
 
Kata Kunci : ARM NUC120RD2BN, Joystik, dot matriks

Abstract - The viewer position of the joystick on the dot matriks is a tool to determine the appropriate position commands. In making these devices use components that have been divided into three main parts, namely input, process and output. Component inputs are: joystik.Fungsi each component inputs, namely: determine the appropriate position that diinginkan.Kemudian on the process or the processing of the data used ARM Microcontroller NUC120RD2BN this type has cortex M0 12 MHz, RAM 8KB, 64KB of program memory (APROM), 4KB memory (data flash), 45 pin I / O (GPIO), 8 channel 12 bit ADC, 3 serial UART with 1 USB and 1 RS485, 3.3V and 5V compatible, programmable via USB. It's enough to be used in the control of many components in the model of the appliance. On the part of the output is used as a dot matrix viewer position achieved status information

Keywords: ARM NUC120RD2BN, Joystik, dot matriks

I.           PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Pendidikan kontrol dan kendali berbasis komputer merupakan salah satu materi penting dalam bidang ilmu Teknik Elektro, khususnya Teknik Elektronika. Tentunya, dalam menunjang pembelajaran tersebut diperlukan berbagai alat pendukung. Salah satu alat pendukung tersebut adalah sebuah  modul pembelajaran  pengontrol posisi. Dalam dunia industri pengontrol posisi juga dibutuhkan sebagai alternatif pada proses produksi kerja. Dengan alat ini akan memudahkan pengguna karena prinsisp kerjanya sudah otomatis. Namun, metode yang masih digunakan untuk merespon sebuah sistem tersebut adalah metode ON/OFF. Kelemahan sistem tersebut adalah masih terdapatnya error yang tinggi, sehingga mengakibatkan data yang dihasilkan kurang presisi. Proyek yang dibuat ini dalam bentuk model pengatur posisi joystik pada dot matriks.Model pengontrol posisi ini dirancang sebagai sebuah alat otomatis untuk menentukan sebuah posisi yang ingin dicapai menggunakan sebuah joystik dimana proses untuk mencapai titik yang dituju sesuai dengan yang sudah diprogramkan pada modul ARM.

1.2       Perumusan Masalah
Dari identifikasi yang ada, dapat ditarik beberapa rumusan masalah, yaitu:
a.       Bagaimana mengendalikan joystik untuk mengatur posisi suatu objek menggunakan Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN?
b.       Bagaimana merancang penampil posisi pada dot matriksmenggunakan joystik dengan Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN?
c.        Bagaimana membuat tampilan data posisi pada tampilan dot matriks menggunakan Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN?

1.3           Tujuan
a.       Merealisasikan rancangan hardware dan software model penampil posisi joystik pada dot matriks
b.       Mengetahui cara kerja model pengontrol posisi berbasis Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN.


II.         TINJAUAN PUSTAKA
Untuk mengetahui berbagai komponen dan peralatan yang dibutuhkan, maka disusunlah tinjauan pustaka sebagai acuan dalam merancang dan membuat aplikasi menggunakan mikrokontroler ARM NUC120RD2BN ini.

2.1       Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN
ARM NUC120 Board merupakan modul pengembangan mikrokontroler NUC120RD2BN yang berbasis CPU ARM Cortex-M0 dari Nuvoton. Modul ini dapat bekerja dengan kecepatan CPU sampai dengan 48 MHz. Modul ini juga telah dilengkapi dengan bootloader internal, sehingga tidak diperlukan lagi device program eksternal. Pemrograman melalui bootloader bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi USB.



Gambar 2.1 ARM NUC120RD2BN

Spesifikasi :
·            Berbasis mikrokontroler NUC120RD2BN (64 KB APROM, 8 KB SRAM, 4 KB Data Flash, CPU ARM Cortex-M0).
·            Terintegrasi dengan cystal eksternal 12 MHz.
·            Terintegrasi dengan osilator 32,768 KHz sebagai sumber clock RTC.
·            Memiliki 1x Port USB.
·            Memiliki 1 port RS-485.
·            Memiliki 3 kanal UART dengan level tegangan TTL 3,3VDC / 5VDC.
·            Tersedia port USB yang berfungsi untuk antarmuka serial sekaligus menuliskan program mikrokontroler, sehingga tidak membutuhkan programmer eksternal.
·            Memiliki port Serial Wire Debug untuk proses debuging dan programming.
·            Memiliki 45 jalur GPIO.
·            Terintegrasi dengan sensor suhu internal.
·            Memiliki port input 8 kanal ADC 12-bit.
·            Bekerja pada level tengan 3,3VDC / 5VDC dengan arus maksimum 800mA.
·            Input catu daya untuk board : 6,5VDC - 12VDC / 3,3VDC - 5VDC.

2.2        Joystik
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.


Fungsi joystick
Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
1.     Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
2.     Untuk megontrol permainan video.
3.     Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.

Cara kerja joystick
Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.

2.3    Dot Matriks
Dot matrix banyak digunakan untuk menampilkan informasi pada mesin-mesin, jam, indikator keberangkatan kereta api dan perangkat lainnya yang membutuhkan display sederhana untuk resolusi yang terbatas. Display ini terdiri dari LED yang tersusun secara matrix berbentuk segi empat (bentuk selain segi empat juga ada) sehingga dengan menyalakan/mematikan lampu yang diinginkan, teks atau grafik yang dapat ditampilkan. Pengendali dot matrix mengkonversi instruksi dari decoder ke dalam sinyal elektris yang dapat menyalakan atau mematikan lampu sehingga tampilan yang diinginkan dapat terjadi.
Dalam layar dot matrix, beberapa LED yang kabel bersama-sama dalam baris dan kolom. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan jumlah pin yang diperlukan untuk mengusir mereka. Misalnya, 8 × 8 matriks LED (ditampilkan di bawah) akan membutuhkan 64 I / O pin, satu untuk setiap pixel LED. Dengan kabel semua anoda bersama-sama dalam baris (R1 melalui R8), dan katoda dalam kolom (C1 melalui C8), jumlah yang diperlukan pin I / O dikurangi menjadi 16. Setiap LED ditujukan demi baris dan jumlah kolom. Pada gambar bawah ini, jika R4 adalah ditarik tinggi dan C3 ditarik rendah, LED di baris keempat dan kolom ketiga akan dihidupkan. Karakter dapat ditampilkan oleh pemindaian cepat baik baris atau kolom. . 


III.      PERANCANGAN ALAT
3.1       Perangkat Keras dan Rangkaian Elektronika
Adapun Alat dan Bahan yang digunakan yaitu:

Alat
Bahan
Bor tangan
Mikrokontroler ARM NUC 120
Solder
PCB
Tang potong
Dot matriks
Gergaji
Tenol
Kabel USB
Ampelas
Box/papan
Kabel jumper
Joystik
Larutan FeCl3

3.2           Blok Diagram Hubungan Komponen Utama



Gambar 3.2 Diagram Blok Penampil Posisi Joystik pada Dot Matriks
Berikut keterangan singkat dari gambar blok diagram di atas :
1.     Joystik untuk menggerakkan  posisi tampilan LED pada dot matrik
2.     Pengontrol (Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN) sebagai modul pemrograman untuk menjalankan alat sesuai perintah.
3.     Dot matriks untuk menampilkan informasi

3.3           Diagram Alir



Gambar 3.3Flowchart cara kerja rangkaian
Pengatur posis joystik pada dot matriks

3.4           Cara Kerja Alat
Pada saat program diaktifkan,joystik menggerakkan objek ke posisi  sesuai yang diinginkan.Tampilan pada led dot matrik akan menyala sesuai dengan gerakan tuas.Gerakan tuas bisa mengarahkan ke atas,bawah,kanan,kiri sesuai yang diinginkan.

3.5           Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan pada proyek ini adalah CooCox software yang menggunakan aplikasi CoIDE sebagai aplikasi untuk menulis program ARM NUC120RD2BN dengan metode NUVOTON. Serta NuMicro ISP Programming Tool sebagai aplikasi downloader program ke board mikrokontroler.

IV.           PENGUJIAN ALAT

4.1    Rangkaian Alat

Tampak Luar dan Tampak Dalam Alat








Tampilan Dot Matriks Saat Alat Disimulasikan


Posisi awal

Geser kanan

Geser Kiri

Geser Atas

Geser Bawah

4.2    Tabel Input dan Output
INPUT
Komponen
Pin
         Joystik
          A0 dan A1

OUTPUT
Komponen
Pin
         LED dotmatriks 7x7
A8,A9,A10,A11,A12,A13,A14
B8,B9,B10.B11,B12,B13,B14

4.3       Program
                    Berdasarkan program yang dibuat, alat sudah dapat berjalan sesuai perintah.

    V.      PENUTUP
5.1       Kesimpulan
Setelah melakukan percobaan, pengambilan data, dan penganalisaan terhadap data yang telah didapat pada penelitian ini, maka didapatkan kesimpulan yaitu sebagai berikut:
1. Pengatur posisi joystik pada dot matrik terdiri dari input (joystik),pemproses (Mikrokontroler ARM NUC120RD2BN),output (dot matriks)
2.  Tampilan dot matriks akan menampilkan  informasi status posisi yang diinginkan (kanan,kiri,depan,belakang) dengan alat bantu joystik sebagai penggeraknya.

REFERENSI
[5]    http://elektronika-dasar.web.id/artikel-elektronika/matrix-keypad-4x4-untuk-mikrokontroler/



Nama penulis: Lucky Orion Wigaringtyas. Penulis dilahirkan di Semarang 25 Desember 1994. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SDN Ngaliyan 03 Semarang, SMPN 16 Semarang, dan SMKN 7 Semarang. Tahun 2014 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA.Pada tahun 2014 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.14.1.10. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi melalui email: luckyorion@ymail.com




Nama penulis: Prisca Erbianti. Penulis dilahirkan di Demak, 24 Mei 1996 Penulis telah menempuh pendidikan formal di SDN Tlogorejo 3, SMPN 2 Karangawen, dan SMAN 2 Mranggen. Tahun 2014 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2014 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.14.1.14 Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 089668992515 atau melalui via email: priscaerbianti@gmail.com

Lampiran:
1. Laporan Proyek ARM 2016    : Download
2. Jurnal Proyek ARM 2016        : Download
3. Presentasi Proyek ARM 2016 : Download
4. Program Protek ARM 2016     : Download
5. Gambar Pengawatan                : Download
6. Datasheet                                  : Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Kritik dan Saran Anda. Karena Kritik dan Saran Anda Akan Sangat Membantu Kami dalam Memperbaiki Diri